Monday, December 16, 2013

Serat Goni vs Serat Plastik


Serat Goni

Dari zaman dahulu, Karung goni memiliki bentuk fisik cuma satu yaitu karung yang terbuat dari serat goni atau serat rosela. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, begitu juga dengan perkembangan industri yang telah menggeser posisi karung goni alami menjadi di bawah karung goni plastik.

Hal ini tentu tidak mengherankan, persaingan bisnis dan kepraktisan dalam proses menjadi salah satu pertimbangan utama bagi sebagian produsen karung goni. Jika menggunakan serat rosela, untuk membuat karung goni di butuhkan proses panjang secara alami. Mulai dari penanaman rosela (ini perlu paling tidak 3-4 bulan) lalu proses merubah batang-batang rosela menjadi serat goni yang kelak akan di pintal menjadi bahan baku karung goni. Berbeda dengan plastik yang tidak memakan waktu lama untuk proses produksinya.

Mau tidak mau, ini menyebabkan karung goni natural kalah bersaing dengan karung goni plastik. Terlebih jika membandingkan harga jualnya, karung goni plastik jauh lebih murah ketimbang karung goni natural. Namun di negara-negara barat, penggunaan karung goni natural berbahan dasar Serat Goni menjadi marak kembali dan menjadi pilihan utama sebagai pengganti barang-barang kemasan dari plastik. 

Ini tidak lain karena demikian besarnya semangat Kembali Ke Alam dan semangat Go Green yang gencar di promosikan di seantero dunia.

Lihat ini

No comments:

Post a Comment