Friday, September 29, 2017

Unik, Sepatu dan Tas Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Karung Goni

Gabriella Putri - wolipop
Unik, Sepatu dan Tas Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Karung GoniFoto: Gabriella/Detikcom
Jakarta - Karung goni ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai pembungkus padi. Bahan dasar karung goni tenyata bisa disulap menjadi aksesori nan unik.

Karung Goni House atau yang biasa dikenal dengan Rumah Karung Goni merupakan tempat yang menjual beraneka macam aksesori berbahan dasar karung goni. Teretak di Jalan Gagak No 8, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, rumah karung goni berdiri sejak 2014.

"Usaha ini dimulai sejak pertengahan tahun 2014. Awalnya kita dapat tawaran menjual bahan, ya udah jadi kita jual bahan. Lambat laun baru ada custom order, custom order yang pertama ke kita itu buat pouch. Dan ternyata customer puas sama hasilnya, jadi mulai saat itu kita buka custom order sampai sekarang," ujar Fahri, pemilik Rumah Karung Goni saat ditemui di outlet Rumah Karung Goni, Jalan Gagak No 8, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Selasa 919/9/2017).

Fahri mengatakan bahwa alasannya memilih karung goni sebagai bahan dasar pembuatan produknya karena pada 2014 sedang gencar-gencarnya gerakan Go Green. Ia berpikir, dibandingkan menggunakan pastik yang tidak ramah lingkungan, lebih baik menggunakan bahan karung goni.

Unik, Sepatu dan Tas Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Karung GoniFoto: Gabriella/Detikcom


Produk yang dihasilkan dari Rumah Karung Goni ini di antaranya sepatu, tas, pouch, tas laptop, topi, serta dompet. Aksesoris hasil olahan dari kain karung goni ini dijual secara online via website dan Instagram serta offline.

"Kita jual secara offline dan online, tapi lebih banyak dari online, pengirimannya udah hampir ke seuruh wilayah Indonesia. Dari ujung ke ujung, Aceh sampai Papua kita udah pernah ngirim. Tapi lebih banyak customer dari Jakarta dan Surabaya sih," tambah Fahri.

Unik, Sepatu dan Tas Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Karung GoniFoto: Gabriella/Detikcom


Selain ramah lingkungan, yang unik dari produk berbahan dasar kain karung goni ini adalah dari tingkat ketahanannya. Seperti yang kita ketahui bahwa karung goni biasa digunakan untuk menampung barang-barang yang berat, maka tidak perlu diragukan lagi tingkat ketahannya.

Meskipun memiliki tingkat ketahanan yang cukup baik, ada satu hal yang harus diperhatikan dari bahan kain karung goni ini, yaitu air. Karena jika terlalu sering dan lama terkena air, maka bahannya akan cepat lapuk.

"Untuk tingkat ketahanan sih tergantung si pemakainya ya. Karena kalau kain goni itu kalau kena air misalnya kita nggak langsung ngeringin itu akan cepet lapuk. Kalau misanya basah, langsung cepet dikeringin aja," jelas Fahri.

Masing-masing produk memiliki waktu pembuatan yang berbeda, tergantung dari tingkat kesulitan dari produk itu sendiri. Seperti misalnya sepatu, lama pembuatan untuk memproduksi 50 pasang sepatu biasanya selama tiga minggu. Sedangkan untuk sebuah tas, pengerjaan paling cepatnya adalah dalam waktu satu hari.

Rumah Karung Goni dapat memproduksi 100-400 buah tas sesuai dengan permintaan konsumen setiap bulannya. Bukan hanya tas, Anda juga bisa memesan sepatu dari bahan kain goni sesuai dengan model dan ukuran yang diinginkan. Produk dari Rumah Karung Goni ini dijual dengan kisaran harga Rp 35.000 – Rp 275.000.




(eny/eny)


Sumber : detik dot com
Website : Rumah Karung Goni
Instargram : @rumahkarunggoni

No comments:

Post a Comment